MEMBUAT BLOG SERTA PENGGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN
A. Sejarah dan Pengertian Blog
1. Sejarah Blog
Blog pertama kali muncul pada tahun 1997, ketika Jorn Barger menggunakan istilah "weblog" untuk menyebut kelompok link yang disimpan di internet. Pada tahun 1998, jumlah blog yang ada masih sangat sedikit karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat blog.
Pada Agustus 1999, sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan blog mereka sendiri secara online dan gratis. Sejak itu, blog semakin populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan.
Blog awalnya dimiliki oleh orang-orang yang gemar menulis dan berbagi cerita, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, kini penggunaan blog juga dimanfaatkan oleh perusahaan dan organisasi sebagai media promosi untuk menjaring lebih banyak pengunjung. Saat ini, blog telah menjadi salah satu media yang sangat populer di internet dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Ada banyak jenis blog, seperti personal blog, corporate blog, niche blog, news blog, photo blog, video blog, dan lain-lain. Setiap jenis blog memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda.
2. Pengertian Blog
Blog adalah sebuah website atau jurnal online yang memuat berbagai macam informasi, seperti artikel, foto, atau video, yang selalu diperbarui oleh penulis atau pemilik blog. Blogging mengacu pada praktik menulis blog, sedangkan blogger adalah orang yang mengelola blog.
Blog adalah buku harian online di mana orang dapat berbagi segala sesuatu mulai dari peristiwa kehidupan pribadi hingga refleksi yang lebih ringan tentang kehidupan sehari-hari. Blog niche, di sisi lain, dikhususkan untuk konten yang lebih spesifik. Salah satu contohnya adalah mencakup topik blog tertentu seperti SEO, teknologi, pertanian, kesehatan, dan pendidikan.
Ada beberapa definisi blog menurut para ahli, yaitu:
- Menurut Harvard University, weblog adalah hierarki teks, gambar, objek media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam.
- Kolumnis San Francisco Gate Roger Yim menulis pada Februari 2001 bahwa blog adalah persilangan antara buku harian seseorang dan daftar tautan di Internet.
- Scott Rosenberg (Scott Rosenberg) menyimpulkan dalam kolom majalah online Salon (Mei 1999) bahwa sebuah blog terletak pada batas sebuah situs web. Lebih dari sekedar sekumpulan link yang Vibrant dan lebih introspektif daripada diari yang disimpan saja di internet.
- Menurut Glosarium komputer, blog pada dasarnya adalah majalah berkala di Internet. Kegiatan yang dilakukan di blog disebut kegiatan blog, dan mereka yang terlibat dalam kegiatan blog disebut blogger.
- Free Blog, seperti blogger/blogspot, wordpress, dll.
- Self-Hosting Blog, seperti wordpress.org, joomla, drupal, dll.
- Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blogdetik, dll.
- Vlog = Video Blogging, konten utama berupa video
- Photo Blog, konten utama foto
- Audioblog, konten utama rekaman vokal/suara
- Microblog,
- Niche Blog, tema khusus/topik tertentu
- General Blog, berisi berbagai macam topik.
- Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye)
- Blog pribadi: tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan.
- Blog mode: seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
- Blog riset: tentang akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws)
- Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
- Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak.
Berikut adalah beberapa karakteristik blog yang dapat ditemukan:
- Konten yang dinamis dan selalu diperbarui.
- Struktur yang sederhana dan seragam.
- Memiliki niche atau topik tertentu.
- Memiliki tampilan atau template yang menarik.
- Memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pembaca melalui komentar atau forum.
- Memiliki kemampuan untuk berbagi konten melalui media sosial.
- Memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan traffic ke blog.
- Memiliki kemampuan untuk menghasilkan uang melalui iklan atau afiliasi.
- Memiliki kemampuan untuk membangun brand atau citra diri.
- Memiliki kemampuan untuk mempengaruhi opini dan pandangan pembaca.
- Sebagai media untuk menyampaikan ide dan pemikiran dalam bentuk tulisan.
- Sebagai media untuk berbagi informasi dan pengetahuan.
- Sebagai media untuk membangun brand atau citra diri.
- Sebagai media untuk memperlihatkan kualitas tulisan dan portofolio online.
- Sebagai media untuk menghasilkan uang melalui iklan atau afiliasi.
- Sebagai media pembelajaran alternatif yang dapat memotivasi siswa dalam mempelajari sesuatu.
- Sebagai media untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa.
- Sebagai media untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis dan berbicara.
- Sebagai media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengakses informasi dan teknologi.
- Blog dapat menjadi media untuk menyimpan materi-materi atau bahan ajar yang relevan dengan bidang pelajaran.
- Blog dapat dijadikan media pembelajaran alternatif yang dapat memotivasi siswa dalam mempelajari sesuatu.
- Blog dapat meningkatkan interaksi antara guru dan siswa melalui komentar atau forum.
- Blog dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis dan berbicara.
- Blog dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengakses informasi dan teknologi.
- Blog dapat meningkatkan minat belajar siswa.
- Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar.
- Blog dapat membantu siswa untuk menyalurkan kreativitas menulis.
- Blog dapat mempermudah peserta didik dan guru dalam proses belajar mengajar.
- Blog dapat menjadi alat bantu untuk memasukkan bahan ajar dan meningkatkan pemahaman siswa pada saat guru menyampaikan pelajaran.
- Tentukan tujuan dan target pembaca blog Anda.
- Pilih platform blogging yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti Blogger, WordPress, atau Wix.
- Buat akun di platform blogging yang Anda pilih.
- Tentukan niche atau topik yang ingin Anda tulis di blog Anda.
- Pilih nama domain dan alamat blog yang sesuai dengan niche Anda.
- Pilih tampilan atau template yang sesuai dengan keinginan Anda.
- Buat konten yang berkualitas dan menarik untuk dibaca.
- Gunakan gambar, video, atau audio untuk memperkaya konten blog Anda.
- Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
- Gunakan fitur komentar atau forum untuk meningkatkan interaksi antara pembaca dan penulis.
0 Comments: